Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar
Nama : Florence octavia
NIM : 2015820067
Kelas : BSD 5
Tugas : RPP Temaik Kelas 3
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SD NEGERI 1 GROGOL
T E M A : 4. SEHAT ITU PENTING
SUBTEMA 1 : Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan
KELAS/SEMESTER : 3/1
ALOKASI WAKTU : 1 X 35 menit
PELAKSANAAN : ………………..
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima , menjalankan , dan menghargai ajaranj yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, displin, tganggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dan berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya , mahluk ciptakan Tuhan dan kegiatannya , dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dirumah, di sekolah dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis , dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
B.1. Kompetensi Dasar KI-1 dan KI-2
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KD :
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.3 menunjukkan perilaku peduli gotong royong , tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
PPKn
KD :
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
BAHASA INDONESIA
KD
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan dan lingkungan alam terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia.
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
SBdP
KD :
1.1 Menerima kekayaan dan keberagaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa p[ercaya diri dalam mengelola karya seni.
B.2. Kompetensi Dasar KI-3 dan KI-4
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KD :
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi Geografi di wilayah Indonesia .
INDIKATOR
- Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
- Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam
PPKn
KD :
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, dan di sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di Lingkungan rumah , dan sekolah,.
INDIKATOR
- Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari- hari di sekolah.
- Berperilauk sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari – hari di sekolah di sekolah.
- Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari – hari di sekolah di sekolah.
BAHASA INDONESIA
KD :
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan , kesehatan manusia , keseimbangan ekosistem , serta alam pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan meilih dan memilah kosakata baku.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air , rangkaian listrik , sifat magnet , anggota tubuh ( manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta system pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan ndan tulis dengan melilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati , mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan , kesehatan manusia , keseimbangan ekosistem , serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan ndan tulis dengan melilih dan memilah kosakata baku.
INDIKATOR
• Mencari Informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan maunsia
• Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kesehatan
• Mengola informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
SBdP
KD :
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat yang dapat digunakan dalam tari.
4.11. Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imijasi dengan menggunakan property dan iringan .
Indikator
• Mernyebutkan fungsi propeti tari.
• Merangkaikan gerakan dan imajinasi dengan menggunakan propeti dan iringan music.
• Mengola informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan kegiatan mengamati gambar anak menyiram bunga siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi makhluk hidup dengan percaya diri .
- Dengan kegiatan menulis manfaat air bagi manusia siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi manusia dengan tekun .
- Dengan ketrampilan mengamati gambar tentang manfaat air , siswa dapat menyajikan hasil pengamatannya secara tertulis dengan cermat.
- Dengan menulis hasil pengamatan gambar, siswa dapat mengindentifikasikan manfaat air bagi manusia , tumbuhan dan hewan dengan mandiri.
- Dengan latihan menentukan arah suatu benda / tempat dengan cermat.
D. MATERI PELAJARAN
- Mengamati Gambar yang Berkaitan dengan Kesehatan
- Menggenal dari kerja bakti
E. METODE PEMBELAJARAN
Metode:
- Tanya Jawab
- Diskusi
- Drill (latihan)
Model :
Direct Instruction (model pengajaran langsung)
dipadukan dengan model make a match (membuat/mencari pasangan)
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN /KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin
oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
d. Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang,
melalui berbagai pertanyaan :
-
Pernahkan kalian bekerja
bhakti di lingkunganmu ?
-
Jenis kerja apa yang paling
kamu sukai ?
e.
Menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai .
|
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
v
Mengamati gambar petani pada
buku siswa hal.38
v Siswa membaca nyaring tentang aktivitas dengan bimbingan guru.
(Buku siswa hal.39)
Menanya
v Menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa hal.1
v Apakah kamu suka kerja bhakti ?
v Kerja bhakti apa yang kamu sukai?
v Tahukah kamu jenis-jenis kerja bakti?
v Sebutkan aktivitas manusia yang kamu tahu.
v Pertanyaan yang diajukan :
v Kegiatan apa yang kamu lihat pada
gambar?
v Apa yang kamu ketahui tentang aktivitas tersebut?
v Berapa banyak anak yang ikut aktivitas kerja bhakti
pada gambar?
|
25 menit
|
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
v Sikap apakah yang penting ditunjukkan dalam
melakukan kerja bhakti ?
v Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru
sebagai berikut:
(lihat buku siswa hal.41)
v Jika kamu ingin bermain ikut kerja bhakti , alat
apa yang kamu butuhkan?
v Jika kamu ingin menari, alat apa yang kamu
butuhkan?
v Jika kamu ingin kerja bakti , alat apa yang kamu
butuhkan?
Mencoba
v Siswa belajar mengenal macam-macam jenis kerja bakti melalui
diskusi secara klasikal
v Siswa memilih pasangan gambar yang disukai untuk dijadikan tema dalam
menggambar.
Asosiasi
v Siswa menyebutkan nama-nama gerakan tari yang menirukan gerakan binatang.
v menunjukkan pasangan gambar yang saling berhubungan di buku siswa
dengan menarik garis. (buku siswa hal.83)
Komunikasi
v Siswa menuliskan jenis jenis kerja bhakti yang sudah diketahui dan
baru diketahui
v
Guru dan siswa melakukan
refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
|
|
3.
|
PENUTUP
v Di bawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran
v
Membimbing siswa membuat rangkuman/simpulan
v melakukan evaluasi (penilaian dan/atau refleksi)
v memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
v merencanakan kegiatan tindak lanjut ( remedi dan pengayaan)
|
5 menit
|
G.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
v Gambar-gambar kerja bhakti, tarian
|
||||||||||||||||||||||||||||
Komentar
Posting Komentar