Langsung ke konten utama

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar

Nama : Florence octavia
NIM : 2015820067
Kelas : BSD 5
Tugas : RPP Temaik Kelas 3
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 


NAMA SEKOLAH   : SD NEGERI 1 GROGOL
T E M A                           : 4. SEHAT ITU PENTING
SUBTEMA 1                   : Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan
KELAS/SEMESTER   : 3/1

ALOKASI WAKTU        : 1 X 35 menit
PELAKSANAAN            : ………………..





A. KOMPETENSI INTI
       1. Menerima , menjalankan , dan menghargai ajaranj yang dianutnya
       2. Menunjukkan perilaku jujur, displin, tganggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dan                  berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
       3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa                      ingin tahu tentang dirinya , mahluk ciptakan Tuhan dan kegiatannya , dan benda-benda                        yang dijumpainya di rumah, dirumah, di sekolah dan tempat bermain
       4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis , dalam                          karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan                        yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
        B.1. Kompetensi Dasar KI-1 dan KI-2
                ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
                KD :
                1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala                                        perubahannya.
                2.3 menunjukkan perilaku peduli gotong royong , tanggungjawab dalam berpartisipasi                                penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
                PPKn 
                KD :
                1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa                        dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
                2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah,                            dan masyarakat.

                BAHASA INDONESIA
                KD
                1.2   Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan                              dan  lingkungan alam terhadap makanan dan rantai makanan serta kesehatan melalui                            pemanfaatan Bahasa Indonesia.
                2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
                SBdP
                KD :
                1.1 Menerima kekayaan dan keberagaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
                2.1 Menunjukkan rasa p[ercaya diri dalam mengelola karya seni.

         B.2. Kompetensi Dasar KI-3 dan KI-4
                 ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
                 KD :
                 3.3 Memahami manusia dalam hubungannya
                 4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi                  Geografi di wilayah Indonesia .
                INDIKATOR
                 -   Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya                       keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
                 -   Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam
                PPKn
                KD :
                3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan
                        sehari-hari di rumah, dan di sekolah
                4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di Lingkungan rumah ,                              dan sekolah,.
                INDIKATOR
                -   Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari- hari di sekolah.
                -   Berperilauk sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari – hari di                        sekolah di sekolah.
                -   Berperilaku  sesuai  dengan  kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari – hari                        di sekolah di sekolah.
                BAHASA INDONESIA
                KD :
                3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan ,                                kesehatan manusia , keseimbangan ekosistem , serta alam pengaruh kegiatan manusia                          dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan meilih                          dan memilah kosakata baku.
                3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air , rangkaian listrik , sifat                                    magnet , anggota tubuh ( manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta system                                pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan ndan tulis                            dengan melilih dan memilah kosakata baku.
                4.1 Mengamati , mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan                                  rantai  makanan , kesehatan manusia , keseimbangan ekosistem , serta alam dan                                    pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan ndan tulis                              dengan melilih dan memilah kosakata baku.
                INDIKATOR
                • Mencari Informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan maunsia
                • Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kesehatan
                • Mengola informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
                SBdP
                KD :
                3.3  Memahami fungsi properti yang dapat yang dapat digunakan dalam tari.
                4.11. Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imijasi dengan                                             menggunakan property dan iringan .
                Indikator
                • Mernyebutkan fungsi propeti tari.
                • Merangkaikan gerakan dan imajinasi dengan menggunakan propeti dan iringan music.
                • Mengola informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Dengan kegiatan mengamati gambar anak menyiram bunga siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi makhluk hidup dengan percaya diri .
  • Dengan kegiatan menulis manfaat air bagi manusia siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi manusia dengan tekun .
  • Dengan ketrampilan mengamati gambar tentang manfaat air , siswa dapat menyajikan hasil pengamatannya secara tertulis dengan cermat.
  • Dengan menulis hasil pengamatan gambar, siswa dapat mengindentifikasikan manfaat air bagi manusia , tumbuhan dan hewan dengan mandiri.
  • Dengan latihan menentukan arah suatu benda / tempat dengan cermat.


D. MATERI PELAJARAN

  1. Mengamati Gambar yang Berkaitan dengan Kesehatan
  2. Menggenal dari kerja bakti


E. METODE PEMBELAJARAN
        Metode:

  1. Tanya Jawab
  2. Diskusi
  3. Drill (latihan)

         Model :
         Direct Instruction (model pengajaran langsung)
         dipadukan dengan model make a match (membuat/mencari pasangan)

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN /KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    

NO
KEGIATAN
WAKTU
1.
PENDAHULUAN
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.    Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
d.    Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang, melalui berbagai pertanyaan :
-    Pernahkan kalian bekerja bhakti di lingkunganmu ?
-    Jenis kerja apa yang paling kamu sukai ?
e.    Menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai .
5 menit
2.
KEGIATAN INTI
Mengamati
v Mengamati gambar petani pada buku siswa hal.38
v Siswa membaca nyaring tentang aktivitas dengan bimbingan guru. (Buku siswa hal.39)
Menanya
v Menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa hal.1
v  Apakah kamu suka kerja bhakti ?
v  Kerja bhakti apa yang kamu sukai?
v  Tahukah kamu jenis-jenis kerja bakti?
v  Sebutkan aktivitas manusia yang kamu tahu.
v Pertanyaan yang diajukan :
v  Kegiatan apa yang kamu lihat pada gambar?
v  Apa yang kamu ketahui tentang aktivitas tersebut?
v  Berapa banyak anak yang ikut aktivitas kerja bhakti
                 pada gambar?
25 menit


NO
KEGIATAN
WAKTU

v  Sikap apakah yang penting ditunjukkan dalam
    melakukan kerja bhakti ?
v Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru
    sebagai berikut: (lihat buku siswa hal.41)
v  Jika kamu ingin bermain ikut kerja bhakti , alat
    apa yang kamu butuhkan?
v  Jika kamu ingin menari, alat apa yang kamu
     butuhkan?
v  Jika kamu ingin kerja bakti , alat apa yang kamu
    butuhkan?
Mencoba
v Siswa belajar mengenal macam-macam jenis kerja bakti melalui diskusi secara klasikal
v Siswa memilih pasangan gambar yang disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.

Asosiasi
v Siswa menyebutkan nama-nama gerakan tari yang menirukan gerakan binatang.
v menunjukkan pasangan gambar yang saling berhubungan di buku siswa dengan menarik garis. (buku siswa hal.83)
Komunikasi
v Siswa menuliskan jenis jenis kerja bhakti yang sudah diketahui dan baru diketahui
v Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.

3.
PENUTUP
v  Di   bawah  bimbingan  guru,   siswa  menyimpulkan  materi pembelajaran
v  Membimbing siswa membuat rangkuman/simpulan
v  melakukan evaluasi (penilaian dan/atau refleksi)
v  memberikan   umpan   balik   terhadap   proses   dan   hasil pembelajaran,
v  merencanakan kegiatan tindak lanjut ( remedi dan pengayaan)
5 menit

G.   MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
v  Gambar-gambar kerja bhakti, tarian

 

Hasil gambar untuk kerja bakti tarian




Hasil gambar untuk kerja bakti tarian
v  Buku Pegangan Guru Kelas 5 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : SEHAT ITU PENTING Kemendikbud
v  Buku Siswa Kelas 5 Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : SEHAT ITU PENTING Kemendikbud
v  Internet

H.   PENILAIAN
Jenis         : tes
Teknik      : Unjuk Kerja Instrumen :
Buatlah gambar yang bertema Sehat Itu Penting kemudian warnai sehingga terlihat menarik !

Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai

No

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Kesesuaian gambar dengan tema
Gambar sesuai dengan tema dan konkrit
Gambar sesuai dengan tema meskipun belum
konkrit
Gambar belum sesuai dengan tema
Belum mampu menggambar
2.
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna atau
lebih
Menggunak an 3 warna
Menggunaka n 2 warna
Menggunakan 1 warna

Mengetahui:
Kepala SDN 1 Grogol                                                               Guru Kelas,


TRI WALUYA, S.Pd.I                                                                Drs. SUKARMA
NIP.                                                                                               NIP.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sang Ular Juga Ingin Berkemah

Nama : Florence Octavia Nim : 2015820067 Sang Ular Juga Ingin Berkemah Pernahkah kamu mendengar kata Hizbul Wathan ? ya hizbul wathan atau biasa disingkat HW adalah organisasi ortonom muhammadiyah yang tugas utamanya mendidik anak, remaja dan pemuda dengan sistem kepanduan. Yaaa.. bisa dibilang serupa dengan pramuka. Nah, kali ini aku ingin membagikan kisah pengalamanku selama 3 hari 2 malam berkemah ala hizbul wathan. Aku berangkat pada hari rabu pagi bersama seluruh mahasiswa fakultas pendidikan dan beberapa dosen dengan menggunakan mobil tronton yang biasa dipakai oleh TNI.

Kurikulum Negara Tugas Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Nama Mahasiswa : Florence Octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 4 Dalam penyusunan kurikulum Malaysia, banyak mengandung materi pembelajaran mengenai kesehatan lingkungan seperti polusi air, udara, makanan dll. Selain itu terdapat juga materi mengenai kesehatan tubuh atau materi mengenai penyakit-penyakit menular yang mungkin menjangkiti manusia, dengan segala cara penyebarannya. Penyajian atau pemaparan materi lebih banyak di analogikan dengan contoh nyata atau kejadian sejarah masa lalu (perang dunia I, perang perancis dan india, sejarah kerajaan mesir atau kejadian penting di new mexico), juga di analogikan dengan contoh-contoh yang mudah dipahami oleh siswa sehingga materi pelajaran bersifat aplikatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan implementasi kurikulum tersebut dengan kurikulum Indonesia pada tahun 1947, 1964 dan 1968. Hal ini dikarenakan Malaysia pernah belajar pada Indonesia dengan menggunakan kurikulum tersebut dan masih diterapkan secara konsis...

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd,MM. Tugas Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Judul The Nature and Basic Concepts Of Curriculum

Nama : Florence Octavia Kelas : BSD 4 NIM : 2015820067 A. The nature of Curriculum The term "curriculum" has various interpretations formulated by experts in the field of curriculum development since the past until the present. The berdeda interpretations vary from one another, in accordance with the gravity core and the views of the experts concerned. The term comes from the Latin curriculum, namely "Curriculae" means the distance that must be taken someone runners. At that time, the notion of curriculum is a period of education that must be taken by students who aim to obtain a diploma. In this case, a diploma essentially a proof that the student has taken the form of curriculum lesson plans, as well as a runner has to take a distance from one place to another, and finally reach the finish. In other words, a curriculum is regarded as a very important jenbatan to reach the end point of a journey and is characterized by the acquisition of a specific diploma. S...