Nama Mahasiswa : Florence Octavia
NIM : 2015820067
Kelas : BSD 4
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan implementasi kurikulum tersebut dengan kurikulum Indonesia pada tahun 1947, 1964 dan 1968. Hal ini dikarenakan Malaysia pernah belajar pada Indonesia dengan menggunakan kurikulum tersebut dan masih diterapkan secara konsisten sampai saat ini.
Media yang digunakan dalam menunjang pembelajaran banyak yang menggunakan fasilitas internet seperti game online, situs-situs dan blog yang memuat modul/materi pembelajaran, siswa di informasikan alamat-alamat situs tersebut dan tinggal membukanya saat belajar. Selain itu digunakan juga fasilitas persentasi power point yang dapat mengoptimalkan penyampaian materi terutama yang menuntut penayangan gambar.
Dalam kurikulum ini juga lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat.
Dalam penyusunan kurikulum Malaysia, banyak mengandung materi pembelajaran mengenai kesehatan lingkungan seperti polusi air, udara, makanan dll. Selain itu terdapat juga materi mengenai kesehatan tubuh atau materi mengenai penyakit-penyakit menular yang mungkin menjangkiti manusia, dengan segala cara penyebarannya. Dalam kurikulum ini juga lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat. Kurikulum yang ada di Malaysia antara lain :a. 1956: General Syllabuses and Timetable Committee ditubuhkan
b. 1964: General Syllabuses and Review Committee ditubuhkan
c. 1965: Pendidikan Komprehensif dimulakan
d. 1967: Report of the Committee on Curriculum Planning and Development
e. 1973: Pusat Perkembangan Kurikulum (PPK) ditubuhkan
f. 1982: KBSR dilaksanakan di 302 buah sekolah rendah sebagai percobaan
g. 1983: KBSR dilaksanakan di semua sekolah rendah
h. 1988: Pelaksanaan KBSR sepenuhnya dicapai
i. 1988: Pelaksanaan KBSM bermula untuk mata pelajaran bahasa
j. 1989: Pelaksanaan KBSM bermula untuk matapelajaran lain
k. 1989: Kemahiran Hidup Program Peralihan dimulakan di tingkatan 1
l. 1989: Pelaksanaan PKBS di tahun 1 hingga tahun 6 di semua sekolah rendah
m. 1989: Mata pelajaran Kemahiran Manipulatif dilancarkan di 100 buah sekolah rendah
n. 1991: Mata pelajaran Kemahiran Manipulatif dilaksanakan di 1000 buah sekolah rendah
o. 1991: Kemahiran Hidup bersepadu dimulakan di Tingkatan 1
p. 1992: Mata pelajaran Kemahiran Hidup Manipulatif dilaksanakan di 3000 buah sekolah rendah 1993: Kemahiran Hidup mula dilaksanakan di Tahun 4 di semua sekolah rendah. Sekolah yang telah melaksanakan Kemahiran Manipulatif meneruskannya di Tahun 5 dan 6 sekolah rendah.
Lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat. lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat.
Sumber :
https://dwiiariie.wordpress.com/2013/07/03/perbandingan-kurikulum-indonesia-malaysia-jepang-dan-korea/
http://melindarefita.blogspot.co.id/2016/01/sistem-pendidikan-di-malaysia.html
Good, tp tlng di perjelas lebih mendalam ttg konsep kurikulumnya dan di analisis octa..tks
BalasHapus