Langsung ke konten utama

Sang Ular Juga Ingin Berkemah


Nama : Florence Octavia
Nim : 2015820067


Sang Ular Juga Ingin Berkemah

Pernahkah kamu mendengar kata Hizbul Wathan ? ya hizbul wathan atau biasa disingkat HW adalah organisasi ortonom muhammadiyah yang tugas utamanya mendidik anak, remaja dan pemuda dengan sistem kepanduan. Yaaa.. bisa dibilang serupa dengan pramuka.

Nah, kali ini aku ingin membagikan kisah pengalamanku selama 3 hari 2 malam berkemah ala hizbul wathan. Aku berangkat pada hari rabu pagi bersama seluruh mahasiswa fakultas pendidikan dan beberapa dosen dengan menggunakan mobil tronton yang biasa dipakai oleh TNI.


Beberapa hari sebelum hari keberangkatan pihak panitia telah membagi kami semua kedalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 8 orang. Kebetulan aku berada di kelompok  yang bernama Siti Walidah. Jadi seluruh kelompok diberi nama berdasarkan nama-nama pahlawan muhammadiyah. Kelompokku ini terdiri dari 5 mahasiswa dan 3 dewan pengenal. Aku sangat senang teman sekelompokku tidak lain adalah teman sekelasku semua yaitu Rani, Elita, Eka dan Titah. Jadi aku tidak perlu susah-susah untuk membaur lagi. Tetapi kami berlima sangat bingung siapa yang dimaksud dengan “dewan pengenal”. Sempat  kami saling bertanya-tanya tentang dewan pengenal tetapi tidak ada satupun dari kami yang tahu.

Lalu aku dan Rani pun memberanikan diri bertanya kepada salah satu dosen tentang siapa itu dewan pengenal, dan ternyata dewan pengenal adalah siswa SMP Muhammadiyah yang ikut membantu panitia dalam mensukseskan acara kemah kami. Dan dewan pengenal ini tidak dibebankan dalam membawa perlengkapan kelompok. Akhirnya rasa penasaran kami pun terjawab dan kami pun bisa segera membagi tugas masing-masing dalam membawa peralatan.
Baiklah, kembali lagi pada hari keberangkatan kami. Sebenarnya aku datang sedikit terlambat. Hal itu dikarenakan aku harus mampir ke beberapa warung untuk membeli perlengkapan kemah yang lupa dibawa oleh temanku. Untungnya tempat duduk di tronton memang sudah dibagikan sesuai dengan kelompok masing-masing jadi meskipun terlambat aku tetap dapat tempat duduk di dekat teman sekelompokku.

Setibanya di parkiran perkemahan, seluruh mahasiswa masih harus berjalan kaki cukup jauh dan menanjak. Bayangkan betapa lelahnya kami membawa tas ransel besar dan tas jinjing besar berjalan melewati lintasan bebatuan dan menanjak. Lalu saat tiba di area tenda, kami berlima langsung mencari tenda milik kelompok kami. Dan segera merapikan barang bawaan kami dan beristirahat sejenak.

Belum hilang rasa lelah kami, kami semua sudah harus berkumpul di lapangan untuk melakukan upacara pembukaan hizbul wathan. Disini lah kami melihat 7 orang siswa SMP yang terdiri dari 4 laki-laki dan 3 perempuan. Lalu setelah upacara kami diberi waktu untuk makan siang dan shalat dzuhur lalu lanjut melakukan pengenalan kepada para pelatih hw dan mendengarkan materi-materi yang diberikan.

Malam haripun sudah tiba. Ini adalah malam pertama kami disini. Cuaca mulai terasa dingin tetapi kami tetap harus mendengarkan materi yang diberikan oleh dosen dan pelatih di tengah lapangan. Saat aku dan temanku sedang asik menyimak materi yang diberikan dosen tiba-tiba ada suara teriak dari belakangku. Ternyata salah seorang mahasiswa wanita yang ntah siapa namanya melihat ular kecil disamping kaki nya. Dan benar saja!! Ada ular!! Akupun panik dan langsung pergi menjauh beberapa langkah. Lalu ular tersebut dibawa oleh salah satu panitia, ntah dibuang, dibunuh atau diapakan aku tidak tahu. meskipun ular tersebut berukuran kecil, tetapi bagian tubuh bawahnya berwarna belang. Katanya sih itu pertanda bawah ular tersebut berbisa.

Beberapa menit kemudian suasana kembali kondusif dan normal. Pelatih bilang kami tidak perlu panik dan tetap tenang serta waspada. Kami semua pun lanjut menyimak materi hingga selesai dan tiba waktunya beristirahat. Aku masih sangat lelah karna perjalanan pagi tadi di tambah lagi syok dengan adanya ular kecil yang ingin ikut berkemah. Tapi syukurnya aku tetap bisa tidur pulas meskipun badanku juga kedinginan.

Lalu subuh pun tiba. Aku bergegas untuk wudhu dan melakukan shalat subuh. Cuaca sangat amat dingin hingga aku menggigil. Aku hanya memakai jaket levis yang tidak seberapa tebal sehingga aku merasa sangat kedinginan. Aku meminjam jaket tambahan kepada teman sekelompokku tetapi tidak ada yang membawa lebih. Aku tidak habis akal, aku datangi tenda-tenda lain dan bertanya apakah ada jaket lebih yang tidak dipakai, tetapi jawabannya sama semua yaitu tidak ada.

Akupun pasrah dan tetap menahan dingin itu. Lalu aku mampir ke warung dekat toilet dan disana aku bertemu dengan Anjar. Dengan kondisi menggigil akupun bertanya pada Anjar apakah ia punya jaket lebih lalu ia justru menawarkan aku untuk memakai jaketnya. Awalnya aku menolak karena kalau aku pakai jaket Anjar maka dia yang akan kedinginan. Lalu Anjar bilang ia sudah memakai baju 3 lapis jadi tidak terasa dingin lagi. Aku sangat berterimakasih pada Anjar. Dia benar-benar teman yang baik. Berkat jaket Anjar aku sudah tidak kedinginan lagi.

Mataharipun sudah semakin naik dan cuaca sudah mulai hangat. Hari ini adalah hari kedua kami disini. Dan kami melakukan rutinitas seperti kemarin yaitu menyimak materi yang diberikan pelatih dan dosen.

Lalu pada malam harinya kami melakukan kegiatan pentas seni dan ditemani juga oleh api unggun. Setiap kelompok diwajibkan menampilkan minimal 1 pertunjukkan seni. Kelompokku menampilkan seni puisi berantai bertemakan komedi. Malam ini sangat menyenangkan, bernyanyi bersama teman-teman dan menghangatkan badan di depan api unggun hingga larut malam.
Keesokan paginya tepat di hari ketiga kami berkemah ada kabar menggemparkan. Salah satu mahasiswa yang biasa kami panggil “mas Teguh” mengalami musibah digigit ular berbisa kemarin sore. Kabar ini baru terdengar dipagi hari mungkin agar mahasiswa tidak resah dan panik saat malam kemarin. Syukur alhamdulillah mas Teguh sudah baik-baik saja pagi tadi. Penanganan yang cepat oleh para paanitia dan dosen membuat ia bisa selamat. Salah satu dosen berkata, jika pengobatan dan penanganan terlambat sedikit saja mungkin mas Teguh tidak bisa berada di tengah-tengah kami lagi.

Sore haripun tiba, kami segera bersiap untuk pulang menuju kampus dan rumah tercinta. Sungguh ini pengalaman yang luar biasa. Pertama kali aku melakukan kemah, lelah, gembira, risau, sedih semuanya aku rasakan selama kegiatan berkemah ini. Aku tidak akan pernah melupakan kenangan ini. Semuanya sangat menyenangkan...

Komentar

  1. seram juga ya ada kejadian seperti ini

    BalasHapus
  2. Judulnya sangat menarik, membuat saya ingin segera membacanya dan mengetahui isi dari tulisan ini

    BalasHapus
  3. Seru tapi jadi serem yaa ada binatang buas

    BalasHapus
  4. Judulnya sangat kreatif karena dapat memancing minat para pembacanya

    BalasHapus
  5. Judul yang keren dan menarik.👏👏sehingga saya ingin cepat-cepat membacanya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dr. Dirgantara Wicaksono, M,Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran. Judul Rencana Hidup-Akhir

Nama : Florence Octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 5 Assalamualaikum, wr. wb. Apa kabar teman-teman sekalian ? Semoga teman-teman pembaca blog ini selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Setelah sekian lama tidak membuka blog ini akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat sebuah tulisan singkat mengenai

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn dan Perencanaan Pembelajaran

Nama                          : Florence Octavia No. Pokok                  : 2015820067 Program Studi           : PGSD Kelas                           : BSD-5 Mata Ujian                 : Pengembangan Pembelajaran PKn SD dan Perencanaan                            Pembelajaran Dosen/Penguji            : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM A.                   Pengembangan Pembelajaran PKn 1.   Jelaskan secara ontologi mengenai pentingnya pendekatan Tematik serta implementasinya dalam k13 pada tema terkait PKn 2.        Jelaskan menurut pemahaman saudara mengenai model pembelajaran PAIKEM dalam PKn SD

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar

Nama : Florence octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 5 Tugas : RPP Temaik Kelas 3 Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  NAMA SEKOLAH   : SD NEGERI 1 GROGOL T E M A                           : 4. SEHAT ITU PENTING SUBTEMA 1                   : Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan KELAS/SEMESTER   : 3/1 ALOKASI WAKTU        : 1 X 35 menit PELAKSANAAN            : ………………..