Langsung ke konten utama

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran. Analisis Model Instructional Design "ADDIE Model"

Nama : Florence Octavia
NIM : 2015820067
Kelas : BSD 5




Model ADDIE merupakan model paling umum digunakan dalam membuat desain instruksi (instructional design) sebuah pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud melingkupi training, mata
kuliah, mata pelajaran hingga konten e-learning. Beragam model yang digunakan dalam membuat desain pemblejaran, sebenarnya pengembangan dari model ADDIE.
Sesuai singkatannya, ADDIE memiliki 5 tahap: Analysis, Design, Development, Implementatation dan Evaluation
Analysis
Pada tahap awal, diperlukan pengumpulan beragam informasi untuk menentukan struktur penyampaian materi, media dan alat bantu yang dipakai, studi kasus dan simulasi. Informasi tersebut adalah:
– Tujuan pembelajaran
Apa yang tujuan umum pembelajaran bagi trainee
– Hasil yang diharapkan,
Indikator pencapaian seperti apa yang diharapkan saat traineeberhasil menyelesaikan pembelajaran. Indikator ini diukur dari segi performa, pengetahuan, sikap dan kemampuan.
– Analisis pembelajar/trainee
Bagaimana karakteristik trainee? Pengetahuan apa yang sudah dimiliki saat trainee mengikuti pembelajaran ini? Hal apa saja yang bisa membuat trainee lebih engagedengan pembelajaran?.
Bagaimana wujud lingkungan pembelajaran? Apakah berupa kelas tatap muka biasa? Kelas diskusi? Atau bahkan kelas online & jarak jauh
– Manajemen projek
Bagaimana waktu, sumberdaya dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Design
Menggunakan informasi yang diperoleh dari tahap analysis, desain pembelajaran yang pertama-tama dilakukan adalah:
– Desain tugas (task)
Rancangan langkah-langkah yang akan dijalani oleh trainee untuk menyelesaikan setiap tahapan pembelajaran
– Desain informasi
Berapa banyak materi yang akan ditampilkan, dan bagaimana cara menyajikan materi pembelajaran tersebut ke pada trainee supaya bisa menarik perhatian dan menciptakan engagement
– Desain Antarmuka
Bagaimana visualisasi penyajian materi pembelajaran sehingga mempermudah tercapainya pengalaman belajar.
Developments
Tahap ini membuat beragam media yang akan digunakan trainee dalam proses pembelajaran. Media tersebut adalah: Slide presentasi, Animasi, Halaman web, Daftar bahan bacaan, serta bahan-bahan lainya.
Implementation
Di sini intruksi dan materi pembelajaran mulai diterapkan ke trainee dalam suatu proses pembelajaran.
Evaluation
Seiring tahap implementasi, proses pembelajaran terus dipantau untuk memastikan
  • Apakah tujuan pembelajaran sudah bisa tersampaikan?
  • Apakah pencapaian trainee sesuai dengan yang diharapkan?
  • Mampukan trainee mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan mudah?
  • Berhasilkah engangementtercipta?
  • dst…
Setelah evaluasi, akan kembali dilakukan analisa, di bagian manakah perlu dilakukan perbaikan. Kemudian proses berulang lagi dari desain hingga evaluasi. Tahapan ini terus berulang hingga tercapai suatu pembelajaran sesuai standar penyelenggara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dr. Dirgantara Wicaksono, M,Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran. Judul Rencana Hidup-Akhir

Nama : Florence Octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 5 Assalamualaikum, wr. wb. Apa kabar teman-teman sekalian ? Semoga teman-teman pembaca blog ini selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Setelah sekian lama tidak membuka blog ini akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat sebuah tulisan singkat mengenai

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn dan Perencanaan Pembelajaran

Nama                          : Florence Octavia No. Pokok                  : 2015820067 Program Studi           : PGSD Kelas                           : BSD-5 Mata Ujian                 : Pengembangan Pembelajaran PKn SD dan Perencanaan                            Pembelajaran Dosen/Penguji            : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM A.                   Pengembangan Pembelajaran PKn 1.   Jelaskan secara ontologi mengenai pentingnya pendekatan Tematik serta implementasinya dalam k13 pada tema terkait PKn 2.        Jelaskan menurut pemahaman saudara mengenai model pembelajaran PAIKEM dalam PKn SD

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar

Nama : Florence octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 5 Tugas : RPP Temaik Kelas 3 Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  NAMA SEKOLAH   : SD NEGERI 1 GROGOL T E M A                           : 4. SEHAT ITU PENTING SUBTEMA 1                   : Pentingnya kesehatan diri dan lingkungan KELAS/SEMESTER   : 3/1 ALOKASI WAKTU        : 1 X 35 menit PELAKSANAAN            : ………………..