Langsung ke konten utama

Kurikulum Negara Tugas Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Nama Mahasiswa : Florence Octavia
NIM : 2015820067
Kelas : BSD 4

Dalam penyusunan kurikulum Malaysia, banyak mengandung materi pembelajaran mengenai kesehatan lingkungan seperti polusi air, udara, makanan dll. Selain itu terdapat juga materi mengenai kesehatan tubuh atau materi mengenai penyakit-penyakit menular yang mungkin menjangkiti manusia, dengan segala cara penyebarannya. Penyajian atau pemaparan materi lebih banyak di analogikan dengan contoh nyata atau kejadian sejarah masa lalu (perang dunia I, perang perancis dan india, sejarah kerajaan mesir atau kejadian penting di new mexico), juga di analogikan dengan contoh-contoh yang mudah dipahami oleh siswa sehingga materi pelajaran bersifat aplikatif.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan implementasi kurikulum tersebut dengan kurikulum Indonesia pada tahun 1947, 1964 dan 1968. Hal ini dikarenakan Malaysia pernah belajar pada Indonesia dengan menggunakan kurikulum tersebut dan masih diterapkan secara konsisten sampai saat ini.
Media yang digunakan dalam menunjang pembelajaran banyak yang menggunakan fasilitas internet seperti game online, situs-situs dan blog yang memuat modul/materi pembelajaran, siswa di informasikan alamat-alamat situs tersebut dan tinggal membukanya saat belajar. Selain itu digunakan juga fasilitas persentasi power point yang dapat mengoptimalkan penyampaian materi terutama yang menuntut penayangan gambar.
Dalam kurikulum ini juga lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat.
Dalam penyusunan kurikulum Malaysia, banyak mengandung materi pembelajaran mengenai kesehatan lingkungan seperti polusi air, udara, makanan dll. Selain itu terdapat juga materi mengenai kesehatan tubuh atau materi mengenai penyakit-penyakit menular yang mungkin menjangkiti manusia, dengan segala cara penyebarannya. Dalam kurikulum ini juga lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat. Kurikulum yang ada di Malaysia antara lain :
a. 1956: General Syllabuses and Timetable Committee ditubuhkan
b. 1964: General Syllabuses and Review Committee ditubuhkan
c. 1965: Pendidikan Komprehensif dimulakan
d. 1967: Report of the Committee on Curriculum Planning and Development
e. 1973: Pusat Perkembangan Kurikulum (PPK) ditubuhkan
f. 1982: KBSR dilaksanakan di 302 buah sekolah rendah sebagai percobaan
g. 1983: KBSR dilaksanakan di semua sekolah rendah
h. 1988: Pelaksanaan KBSR sepenuhnya dicapai
i. 1988: Pelaksanaan KBSM bermula untuk mata pelajaran bahasa
j. 1989: Pelaksanaan KBSM bermula untuk matapelajaran lain
k. 1989: Kemahiran Hidup Program Peralihan dimulakan di tingkatan 1
l. 1989: Pelaksanaan PKBS di tahun 1 hingga tahun 6 di semua sekolah rendah
m. 1989: Mata pelajaran Kemahiran Manipulatif dilancarkan di 100 buah sekolah rendah
n. 1991: Mata pelajaran Kemahiran Manipulatif dilaksanakan di 1000 buah sekolah rendah
o. 1991: Kemahiran Hidup bersepadu dimulakan di Tingkatan 1
p. 1992: Mata pelajaran Kemahiran Hidup Manipulatif dilaksanakan di 3000 buah sekolah rendah 1993: Kemahiran Hidup mula dilaksanakan di Tahun 4 di semua sekolah rendah. Sekolah yang telah melaksanakan Kemahiran Manipulatif meneruskannya di Tahun 5 dan 6 sekolah rendah.

Manajemen Pendidikan Di Malaysia
        Lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat. lebih menekankan proses pembelajaran yang lebih mengutamakan praktek dari pada hanya penjelasan-penjelasan teori saja. Fasilitas-fasilitas diatas memungkinkan siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal. Maka pantaslah jika Malaysia pada saat ini perkembangan pendidikannya semakin maju dengan pesat.

Sumber : 
https://dwiiariie.wordpress.com/2013/07/03/perbandingan-kurikulum-indonesia-malaysia-jepang-dan-korea/
http://melindarefita.blogspot.co.id/2016/01/sistem-pendidikan-di-malaysia.html

Komentar

  1. Good, tp tlng di perjelas lebih mendalam ttg konsep kurikulumnya dan di analisis octa..tks

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd,MM. Tugas Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Judul Hakikat Kurikulum, Konsep Kurikulum dan Sejarah Perkembangan Kurikulum Negara Indonesia

Nama Mahasiswa : Florence Octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 4 A. Hakikat Kurikulum         Istilah “kurikulum”memiliki berbagai tafsiran yang dirumuskan oleh pakar-pakar dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dulu sampai dengan dewasa ini. Tafsiran-tafsiran tersebut berdeda-beda satu dengan lainnya, sesuai dengan titik berat inti dan pandangan dari pakar bersangkutan. Istilah kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni “Curriculae” artinya jarak yang harus ditempuh seseorang pelari. Pada waktu itu, pengertian kurikulum ialah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa yang bertujuan untuk memperoleh ijazah. Dalam hal ini, ijazah pada hakikatnya merupakan suatu bukti, bahwa siswa telah menempuh kurikulum yang berupa rencana pelajaran, sebagaimana halnya seorang pelari telah menempuh suatu jarak antara satu tempat ke tempat lainnya dan akhirnya mencapai finish. Dengan kata lain, suatu kurikulum dianggap sebagai jenbatan yang sangat penting untuk mencapai titik akhir dar

Dr. Dirgantara Wicaksono, M,Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran. Judul Rencana Hidup-Akhir

Nama : Florence Octavia NIM : 2015820067 Kelas : BSD 5 Assalamualaikum, wr. wb. Apa kabar teman-teman sekalian ? Semoga teman-teman pembaca blog ini selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Setelah sekian lama tidak membuka blog ini akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat sebuah tulisan singkat mengenai

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn dan Perencanaan Pembelajaran

Nama                          : Florence Octavia No. Pokok                  : 2015820067 Program Studi           : PGSD Kelas                           : BSD-5 Mata Ujian                 : Pengembangan Pembelajaran PKn SD dan Perencanaan                            Pembelajaran Dosen/Penguji            : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM A.                   Pengembangan Pembelajaran PKn 1.   Jelaskan secara ontologi mengenai pentingnya pendekatan Tematik serta implementasinya dalam k13 pada tema terkait PKn 2.        Jelaskan menurut pemahaman saudara mengenai model pembelajaran PAIKEM dalam PKn SD